™+++Tumbuhan  yang berkhasiaT+++™

N““Labu (Momordica charantia L.)””


Labu dikenal dengan nama fukwa di Cina, karela di India, nigai uri di Jepang , bitter melon di AS dan ampalaya di Filipina. Buah ini memiliki khasiat mengobati penyakit diabetes, kolesterol tinggi, sembelit, hipertensi, masalah hati dan empedu. Dalam beberapa penelitian menunjukkan labu sebenarnya dapat meningkatkan produksi sel beta oleh pancreas dan meningkatkan kemampuan tubuh menghasilkan insulin.


N““Bawang putih (Allium sativum L.)””


Bawang putih telah lama digunakan sebagai antiseptik selama Perang Dunia I untuk mencegah infeksi dan membantu menutup luka. Jus bawang putih digunakan di rumah sebagai pengobatan terhadap asma, batuk, serak dan kelainan paru-paru. Dalam Super Anti-Oxidants, penulis Dr James Balch menyebut bawang putih sebagai salah satu sumber antioksidan . Ia mengatakan bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan, menyeimbangkan gula darah, mencegah penyakit jantung, membantu metabolisme lemak dan mencegah kanker.

N“”Wortel (Daucus carota L.)””


ortel Wdapat membantu menyembuhkan sembelit, asma, masalah gigi, insomnia dan tekanan darah tinggi bahkan juga dapat membantu memperbaiki penampilan rambut dan kuku, penglihatan, mengobati sakit saat buang air kecil, meningkatkan aliran saat menstruasi dan menjaga kulit tetap sehat. Cara terbaik menikmati manfaat wortel dengan memakan mentah.


N“”Jahe (Zingiber officinale Roscoe)””


Jus jahe biasanya digunakan rumah tangga untuk pengobatan flu dan pilek, aman bagi anak-anak sekalipun dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jahe juga mencegah mual, mabuk, migrain, batuk, demam, infeksi virus, kembung dan kram perut. Tetapi tidak hanya itu, penelitian di Jepang mengungkapkan konsumsi jahe dapat membuat kepadatan jantung lebih kuat. Menurunkan denyut jantung dan tekanan darah 10 sampai 15 mm Hg. Bahkan peneliti India menemukan jahe dapat membuang lemak baik dalam darah ataupun hati.

N“”Cabe rawit (Capiscum frutescens L.)””


Cabe rawit adalah salah satu jenis cabe yang paling pedas. Cabe ini terbukti membantu mengobati tekanan darah tinggi dan kelainan perncernaan dan menjadi pembersih bagi sistem pencernaan. Cabe ini juga mengandung hemostat, suatu jat yang dapat menghentikan aliran darah saat luka, dan juga antiseptik