™Fungsi pendidikan




   
  J Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes)
NMempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
NMengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
NMelestarikan kebudayaan.
NMenanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
Fungsi laten lembaga pendidikan adalah sebagai berikut:
NMengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
NMenyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
NMempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
NMemperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.

JMenurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
NTransmisi (pemindahan) kebudayaan.
NMemilih dan mengajarkan peranan sosial.
NMenjamin integrasi sosial.
NSekolah mengajarkan corak kepribadian.
NSumber inovasi sosial.